-->

Settings Posts Feature

Jenis-jenis Ball Valves dan Fungsinya

Jenis-jenis Ball Valves dan Fungsinya

Nursahid

Jika dilihat dari bentuk casingnya, kadang kita sulit membedakan mana ball valve dan yang mana globe valve. Kedua jenis valve ini memang mempunyai bentuk serta nama yang hampir mirip.

Lalu, bagaimana cara membedakannya? Baca terus penjelasannya berikut ini sehingga Anda dapat dengan mudah membedakan antara Ball Valve dan Globe Valve.

Apa itu Ball Valve?

Ball valve adalah sebuah katup dengan pengontrol aliran berbentuk disc bulat seperti bola yang memiliki lubang berada tepat di tengahnya.

Ball valve banyak digunakan  karena kemudahannya dalam  perbaikan dan punya kemampuan untuk menahan pressure/tekanan dan temperature tinggi. Tergantung dari material apa mereka terbuat, Ball Valve dapat menahan tekanan hingga 10.000 Psi dan dengan temperature sekitar 200 derajat Celcius.


Ilustrasi-pemasangan-ball-valve-pneumatic-actuator
( Ilustrasi-pemasangan-ball-valve+pneumatic-actuator/photo by www.gommci.com )

Ball Valve digunakan secara luas dalam aplikasi industri karena mereka sangat serbaguna, dapat menahan tekanan hingga 1000 barg dan suhu hingga 482 ° F (250 ° C). Ukuran ball valve bervariasi, biasanya yang paling sering digunakan di sistem perpipaan industri berkisar antara 1/2 inch sampai 12 inch.

Rekomendasi jenis valve lainnya:

Bahan pembuatan ball valve dapat terbuat dari logam , plastik atau pun dari bahan keramik. Sedangkan disc ball / disk bolanya sering dilapisi chrome untuk membuatnya lebih tahan lama.

Cara Kerja Ball Valve


Untuk membuka dan menutup ball valve hanya membutuhkan seperempat putaran. Ball valve dalam kondisi open ketika lubang tersebut menghadap searah dengan kedua ujung katup, sehingga terbuka aliran. Dan ketika handle diputar seperempat putaran maka posisi lubang akan berada tegak lurus terhadap ujung katup, maka posisi valve dalam kondisi close, dan aliran akan terhalang atau tertutup.

Untuk mengetahui kondisi ball valve terbuka atau tertutup bisa dilihat melalui handle/batang pegangannya. Jika posisinya lurus dengan arah pipa penghubung maka valve dalam kondisi terbuka, dan jika posisi handle berada tegak lurus (90 deg) dengan arah pipa maka valve dalam kondisi tertutub.  

Jenis-jenis Ball Valve


Dalam ilmu piping, Ball valve bisa dibedakan dalam 2 jenis, yaitu: ball valve full bore dan ball valve reduced ball.

1. Full Bore Valve


jenis-ball-valve-dan-fungsinya

Full bore valve adalah tipe ball valve dengan diameter lubang bolanya sama dengan diameter pipa penghubungnya. Jenis ball valves ini biasanya digunakan pada  blow down, piggable line, production manifold dan pipeline.

2. Reduced Bore Valve

jenis-ball-valve-dan-fungsinya

Reduced bore valves adalah jenis ball valve yang diameter lubang bolanya tidak seukuran  / lebih kecil dari ukuran pipa penghubung. Minimum diameter bola katup yaitu satu ukuran lebih kecil dari ukuran diameter pipa penghubung, misalnya; diameter  pipa 4 inci maka diameter bola valve adalah 3 inchi.

Fungsi Ball Valve


Ball valve sering digunakan pada proses hydrocarbon karena ball valve mampu mengatur besar kecil aliran gas dan uap, terutama untuk tekanan rendah. Valve ini dapat dengan cepat ditutup dan cukup kedap untuk menahan zat cair.

Ball valve pada umumnya tidak menggunakan handwheel, tetapi hanya menggunakan handle pegangan batang. Untuk membuka atau menutup ball valve hanya diperlukan seperempat putaran atau dengan sudut 90° saja. Desainnya yang simple, meminimalkan turunnya tekanan pada saat valve dibuka penuh.

Ball Valve banyak dipakai dan difungsikan pada:

  1. Flow Control (pengontrol aliran)
  2. Pressure Control (pengontrol tekanan)
  3. Shut off
  4. Cocok untuk pressure dan temperature yang tinggi

Kelebihan dan Kekurangan Ball Valve


Kelebihan ball valve:
  • Kehilangan tekanan sangat rendah
  • Jarang bocor
  • Ukuran simple dan tidak begitu berat jika dibandingkan dengan valve lain yang sejenis
  • Mudah dibuka dan tidak mudah terkontaminasi.
Kekurangan ball valve:
  • Seat bisa rusak karena adanya gesekan dengan ball disc.
  • Pembukaan handle yang cepat bisa menimbulkan water hammer pada system sehingga terjadi tekanan yang besar yang bisa merusak sistem sambungan dan dinding pipa.

Itulah mengenai jenis-jenis dan fungsi ball valve serta mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Baca juga jenis-jenis valve lainnya, semoga dapat menambah wawasan.

Terakhir diupdate: 10 Agustus 2021
Bagikan ke

Add Comments

Iklan bawah artikel

Settings Related Posts