Wednesday, 8 June 2016

Kerja Proyek Ingin Gaji Tinggi? Pilih Profesi Ini!

Anda yang serius ingin terjun dalam bidang ini saya kira itu pilihan yang tepat.Ini profesi yang cukup menjanjikan,apalagi jika berhasil masuk di sektor migas.Anda tahu berapa gaji welder di offshore? Saya tidak bisa menyebutkan di sini,coba Anda browsing sendiri di google dengan kata kunci 'gaji welder offshore',Anda pasti tercengang.Selain welder masih ada profesi lain dengan gaji tinggi yang perlu anda ketahui.

welder-offshore

Dalam dunia proyek baik di bidang konstruksi,fabrikasi,migas,elektrikal maupun mekanikal kita mengenal susunan organisasi yang menunjukkan jabatan, tugas dan tanggung-jawab masing-masing.Demikian juga dalam bidang pengelasan (welding), ada berbagai profesi yang mempunyai tugas dan tanggung-jawab tersendiri, saling terkait, dan tentunya dengan gaji yang sebanding dengan tingkat keprofesionalan masing-masing.
Pengelasan (welding) merupakan salah satu bidang kerja yang memiliki peran penting pada proses manufaktur dan produksi. Banyak jenis pekerjaan dan juga pengetahuan yang terkait dengan proses pengelasan, dari mulai design suatu konstruksi, pelaksanaan produksi atau pengerjaan konstruksi, pemeriksaan hasil penyambungan dan bahkan sampai dengan perawatan dan perbaikan suatu konstruksi akan selalu berkaitan dengan bidang pengelasan.
Ingin kerja proyek dengan gaji tinggi, semua sobat fitter pasti menambakannya.Tapi tentu kembali pada minat,bakat dan nasib masing-masing individu tentunya.Jika anda serius ingin menggeluti bidang ini berikut saya tampilkan empat profesi dalam bidang pengelasan / welding dengan gaji tinggi mulai dari tingkatan terendah sampai yang tertinggi.

1.WELDING OPERATOR (Welder)


Welder adalah orang yang bertugas melakukan pekerjaan penyambungan logam menggunakan teknik pengelasan. Welder adalah istilah umum untuk seorang tukang las di proyek.
Klasifikasi welder sendiri dibedakan berdasarkan jenis material yang dilas dan atau jenis pengelasan yang dilakukan, Misal :
- Plate Welder; adalah welder yang hanya dapat melakukan pengelasan material yang berupa pelat biasanya dari material Carbon Steel.
- Pipe Welder : adalah welder yang memiliki kemampuan melakukan pengelasan material berupa pipa baik pipa besar maupun pipa kecil (tube).
- Welder Wet (under water) adalah welder yang memiliki kemampuan untuk melakukan proses pengelasan dalam kondisi di dalam air.

kerja-proyek-ingin-gaji-tinggi?-pilih-profesi-ini

Untuk menjadi seorang welder plat atau welder pipa tidak harus / mutlak dari diklat atau sekolah tinggi,biasanya berasal dari orang-orang yang berbakat dan rajin belajar menguasai teknik pengelasan yang baik dan benar sesuai prosedur.Sedangkan untuk welder wet (under water welder) diperlukan pelatihan khusus.Di Indonesia salah satu diklat yang mencetak personel ahli /welder dalam bidang pengelasan bawah air (underwater wet welding) ada di SOLO TECHNOPARK.Ingin tahu lebih lanjut bisa anda simak di :
http://technopark.surakarta.go.id/id/program-kami/pendidikan-pelatihan/underwater-wet-welding

2.WELDING SUPERVISOR


Welding Supervisor adalah orang bertugas mengawasi, mengontrol dan memastikan bahwa pekerjaan pengelasan yang dilakukan oleh welder sesuai dengan spesifikasi dan persyaratan yang ditentukan.
Selain itu Welding Supervisor memiliki tugas dan tanggungjawab merencanakan dan melaksanakan welder test untuk mendapatkan kualifikasi welder yang sesuai dengan spesifikasi pekerjaan pengelasan yang dilakukan. Welder Supervisor juga harus mampu membuat laporan hasil pencapaian pekerjaan pengelasan dan menyiapkan untuk proses pemeriksaan hasil lasan.Tidak ada sekolah khusus untuk menjadi seorang welding supervisor.Selain relasi dan pengalaman yang mumpuni,background pendidikan juga sangat mendukung untuk bisa menjadi seorang welding supervisor / supervisor pengelasan.

3.WELDING INSPECTOR ( W I )

Welding Inspector adalah orang yang bertugas mengawasi seluruh area pekerjaan yang terkait proses pekerjaan pengelasan baik sebelum, selama dan setelah proses pengelasan.


kerja-proyek-ingin-gaji-tinggi?-pilih-profesi-ini

Tugas dan tanggungjawab seorang Welding Inspector diantaranya adalah : memastikan bahwa material yang dilas, persiapan pengelasan, konsumable pengelasan dan kualifikasi welder sudah sesuai dengan WPS (Welding Prosedur Spesification); memonitor proses pemeriksaan hasil lasan serta men-support kinerja welding supervisor. Selain itu juga seorang welding inspector dituntut memiliki kemampuan dalam hal management system, regulasi project, manajemen keselamatan kerja dan pengawasan mutu secara internal maupun eksternal project.
Untuk menjadi seorang Welding Inspector tentunya tidak mudah,diperlukan sekolah khusus atau pelatihan berbulan-bulan untuk mendapatkan sertifikat.Informasi mengenai pelatihan welding inspector bisa anda kunjungi di : www.batamtraining.com.

4.WELDING ENGINEER

Welding Engineer adalah orang yang bertugas mendesign, menghitung, menentukan jenis sambungan las yang akan di produksi atau dilaksanakan di suatu pekerjaan konstruksi.
Detail design sambungan las tersebut tertuang dalam suatu dokumen yang bernama WPS (Welding Procedure Specification). WPS kurang lebih mengatur pemilihan teknik pengelasan, pembuatan prosedur pengelasan, dan spesifikasi filler material, termasuk semua jenis consummable.

Welding Engineer juga bertanggung jawab untuk menguji konstruksi /design sambungan las tersebut baik dari segi keandalan dan proses fabrikasi serta ereksi (pemasangan). Welding engineer harus mampu memutuskan jenis material yang akan digunakan pada suatu konstruksi, proses pengelasan yang akan digunakan, kemampuan fasilitas produksi pabrik/perusahaan untuk membangun konstruksi tersebut (termasuk di dalamnya kualifikasi welder dan ketersediaan peralatan pengelasan). Welding engineer juga memiliki kewenangan untuk memberikan persetujuan terhadap urutan proses pekerjaan pengelasan sesuai spesifikasi pekerjaan secara keseluruhan.
Untuk menjadi seorang welding engineer anda harus mengikuti diklat / sekolah khusus.Di kota-kota besar di Indonesia banyak sekali diklat-diklat yang bisa anda temukan,diantaranya ada di Bandung (B 4 T),STC Surabaya dan masih banyak lagi.

Demikian penjelasan singkat mengenai profesi-profesi kerja proyek di bidang pengelasan dengan gaji tinggi.Semoga bisa menambah wawasan dan semoga berguna.

Ingin tahu profesi-profesi lainnya di dunia proyek baca juga artikel di bawah ini :

Istilah Dan Fungsi Jabatan Di Proyek Konstruksi 
.