Wednesday, 30 December 2015

9 PERTANYAAN PENTING SAAT INTERVIEW

Suatu hari terjadi demonstrasi yang menjurus ke tindak kriminal di salah satu perusahaan migas tempat saya bekerja.Meski kejadian itu sudah bisa di atasi oleh pihak yang berwajib,tapi akibat dari kerusuhan itu semua karyawan harus menerima kenyataan diliburkan selama waktu yang tidak ditentukan.Dan alhamdulillah setelah kurang lebih dua minggu, secara bertahap seluruh karyawan bisa masuk kerja kembali tapi dengan syarat harus melalui test interview (wawancara kerja) terlebih dahulu.
Selain sebagai proses penyaringan, wawancara ini juga bagian tahapan penting dalam menentukan anda layak atau tidak di terima kembali bekerja pada perusahaan tersebut.


pertanyaan-test-wawancara-kerja

Pertanyaan yang diajukan memang cukup banyak dan beragam,sebagian besar pertanyaan menyangkut kerusuhan yang sudah terjadi.Tapi ada 9 pertanyaan sulit yang membuat saya harus berfikir lebih dalam.Saya menganggap bahwa pertanyaan ini adalah bersifat jebakan.

Berikut 9 Pertanyaan Penting yang diajukan seorang penguji serta solusi jawabannya:

1. Ceritakanlah tentang diri Anda.

Kebanyakan orang akan mengulang apa yang telah dituliskan di CV ( Curriculum Vitae ), tapi bukan itu yang ingin didengar pewawancara. Ceritakan tentang pendidikan, pengalaman kerja dan fokus di aktivitas pekerjaan terakhir. Jawab dengan singkat sekitar satu sampai dua menit.

2. Aktivitas apa yang Anda lakukan selama menganggur?

Sebaiknya anda memiliki aktivitas untuk mengisi kekosongan selama tidak bekerja. Ceritakan aktifitas apa saja yang sudah Anda lakukan.Jawablah dengan daftar kegiatan Anda yang positif.

( Baca juga tentang: 5 TIPS KHUSUS CARI KERJA KONSTRUKSI )

3. Kekurangan dan kelemahan yang ada dalam diri Anda?

Tidak ada yang salah dengan menyebutkan kelemahan diri, namun buatlah kelemahan tersebut sebagai sesuatu yang positif. Orang yang tidak bisa menjawab pertanyaan ini justru terlihat aneh dan mengkhawatirkan.

4. Apa reaksi Anda tentang demonstrasi dan kerusuhan?

Tempatkan diri Anda dalam posisi yang tepat.Ceritakan dengan jujur dan jangan pernah menceritakan kesalahan orang lain.Semakin banyak Anda menyalahkan orang,akan semakin terlihat kejelekan Anda sendiri.

5. Bagaimana anda menghadapi tim kerja yang tidak sejalan dengan pemikiran anda?

Pertanyaan ini harus dijawab dengan seberapa fleksibel karakter anda menghadapi tim kerja yang selalu berbeda pendapat.

6. Bagaimana anda menghadapi kritikan dari teman maupun pimpinan?

Pewawancara akan menanyakan hal tersebut dan meminta anda untuk bercerita. Ceritakan secara jujur, namun tunjukkan bagaimana anda menghadapi kritikan tersebut dan menjadikannya cerminan untuk lebih baik lagi.

7. Risiko terbesar apa yang pernah Anda ambil?
Karena beberapa posisi membutuhkan kemampuan untuk bangkit kembali dengan cepat saat mengalami kegagalan. Hal ini penting bagi pewawancara untuk melihat seberapa beranikah diri anda untuk menempuh sebuah jalan yang baru untuk sukses atau mengatasi kegagalan.

8. Masalah terakhir apa yang Anda selesaikan?

Dengan mengingat masalah apa yang anda temui di pekerjaan sebelumnya dan bagaimana cara menyelesaikannya, pewawancara bisa membayangkan seperti apa karakter anda. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengenali kemampuan anda dalam menghadapi serta menyelesaikan sebuah masalah.

8. Kenapa kami harus merekrut Anda untuk perusahaan kami?
Ceritakan tentang posisi anda, serta kelebihan diri anda yang bisa ditawarkan. Perekrut juga ingin tahu keahlian dan pengetahuan yang anda miliki terkait dengan posisi yang ditawarkan pihak perusahaan.

Demikian 9 pertanyaan penting yang pernah diajukan seorang penguji dalam test wawancara kerja.Semoga bermanfaat , salam sukses untuk Anda semua.

Baca juga artikel lain tentang Fabrikasi Konstruksi