-->

Settings Posts Feature

6 Tips Khusus Atasi Kelelahan dan Stress Saat Bekerja

6 Tips Khusus Atasi Kelelahan dan Stress Saat Bekerja

Nursahid

Jika terlalu lama bekerja di workshop fabrikasi konstruksi, di site proyek, instalasi pipa, setting mesin, mekanikal ataupun di kantor bisa menyebabkan kelelahan. Apalagi ada tumpukan pekerjaan yang belum Anda selesaikan dapat membuat anda capek dan stress. Hal inilah yang bisa menimbulkan insiden atau terjadinya kecelakaan kerja. Jika Anda bekerja di proyek konstruksi ada baiknya baca juga Pentingnya APD dan sarana K3 di proyek konstruksi.

Ilustrasi kelelahan saat bekerja/image:https://tanyakakrani.com/

Saat hal itu terjadi, tentu mengurangi nilai dari kinerja Anda saat berada di tempat kerja, bisa saja pekerjaan jadi terbengkalai saat Anda merasakan lelah dan capek. Jika Anda sering mengalami hal tersebut, sebaiknya Anda baca beberapa tips untuk mencegahnya seperti dibawah ini.

6 Tips Khusus Cara Mengatasi Capek dan Stress Saat Kerja

Berikut 6 tips khusus cara mengatasi capek dan stress saat bekerja yang bisa Anda terapkan:

1. Atur Waktu

Salah satu kunci yang ampuh untuk mencegahnya adalah dengan mengatur waktu kerja Anda dengan baik. Gunakanlah waktu secara efisien dan maksimal. Anda harus membuat daftar kerja dengan disesuaikan skala prioritasnya. Jika pekerjaan Anda masih terlalu banyak, jangan memaksakan diri, ada baiknya Anda istirahat sejenak untuk sekedar minum kopi mungkin atau merokok bagi Anda yang perokok.

2. Buat Target

Anda harus mampu membuat target dalam satu pekerjaan yang harus terselesaikan, karena hal tersebut juga penting untuk anda lakukan. Namun anda juga harus membuat yang bersifat realistis agar anda juga tidak perlu bekerja ekstra. Jika anda telah membuat target, maka anda harus mengerjakannya semaksimal mungkin. Yang harus anda ingat, susunlah target dengan kemampuan yang anda miliki.

3. Katakan ‘Tidak’

Jika saat ini Anda hanya sebagai karyawan dan sering diperintah oleh atasan Anda atau senior di tempat kerja, tapi Anda juga berhak untuk menolak perintah mereka jika pekerjaan tersebut telah overload. Jelaskan dengan baik dan masuk akal kepada mereka bahwa tugas yang harus anda selesaikan masih banyak dan Anda sudah punya target / planning untuk pekerjaan selanjutnya Jika ini disampaikan dengan baik dan masuk akal, akan semakin menambah nilai plus buat anda.

4. Istirahat Sejenak

Ketika anda telah merasa terlalu cape serta lelah,jangan memaksakan diri,ada baiknya anda mengambil waktu sejenak hanya untuk beristirahat.Mungkin anda bisa sekedar minum teh atau pun kopi,atau (maaf) merokok bagi yang perokok berat.Cari tempat khusus dan anda bisa melepaskan kepenatan sejenak.Jika anda bekerja dikantor anda juga bisa melakukan istirahat dengan memejamkan mata sekitar 10 sampai 15 menit di ruangan kerja anda.

5. Punya Kegiatan Lain

Kegiatan lain disini bisa Anda lakukan setelah pulang kerja ya. Selain sibuk dengan pekerjaan, Anda juga perlu kesibukan yang lain. Hal ini bisa membuat Anda melepas jenuh dan penat karena terlalu keras Anda bekerja. Anda bisa saja menyalurkan hobi yang Anda senangi, kumpul dengan komunitas atau bermain futsal dengan teman-teman Anda.

6. Jaga Kesehatan

Janganlah terlalu sibuk dalam pekerjaan, karena Anda juga harus meluangkan waktu untuk berolahraga agar tubuh Anda tetap segar dan sehat. Lakukan olahraga di pagi hari sebelum Anda berangkat bekerja. Bisa juga Anda lakukan saat weekend, sering berolahraga tentu membantu Anda mempunyai imun yang kuat untuk menahan berbagai penyakit. Olaharga secara rutin mampu menghilangkan penat dan membuat pikiran menjadi jernih kembali.

Terakhir yang bisa kami sampaikan, ambilah cuti untuk sekedar berlibur ke luar kota untuk menikmati udara segar dan membuat fresh pikiran Anda. Apalagi buat sobat project team yang beberapa hari belakangan sering lembur karena dikejar deadline pekerjaan proyek, ya. Demikian beberapa hal yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi rasa lelah atau stres ketika anda bekerja. Selamat mencoba, semoga berhasil.


Diupadate: 14 Agustus 2021
Bagikan ke:

Add Comments

Iklan bawah artikel

Settings Related Posts