Thursday, 16 April 2015

Teknik Dasar Membaca Gambar Fabrikasi

Fitter dan shop drawing,dua istilah yang selalu berkaitan.Fitter adalah orang yang melakukan proses fabrikasi,merangkai dan membuat alat produksi dan konstruksi.Sedangkan shop drawing atau gambar fabrikasi adalah gambar dari suatu bentuk barang atau alat-alat produksi maupun konstruksi yang akan dibuat oleh seorang fitter.
Ruang lingkup pekerjaan fitter sangat luas,bahkan bisa dibilang hampir semua jenis pekerjaan yang berhubungan dengan proyek disitu pasti membutuhkan fitter.Oleh karena itu seorang fitter dituntut untuk bisa membaca gambar atau paling tidak tahu teknik dasar membaca gambar fabrikasi,karena dari situ akan berkembang dan bisa membaca gambar selanjutnya yang lebih complete.

Baca juga : Definisi Dan Rangkaian Pekerjaan Fitter

Macam-macam Gambar Fabrikasi

Secara umum gambar fabrikasi atau shop drawing ada beberapa macam,yaitu:
1.General Drawing
2.Section Drawing
3.Detail Drawing
4.Cutting Plan

General Drawing

General drawing dalah gambar fabrikasi yang menunjukkan bentuk secara menyeluruh dari suatu product yang akan dibuat.Istilah lain adalah gambar arrangement.
Kita ambil contoh gambar seperti ini :



Section Drawing

Section drawing adalah gambar yang menunjukkan salah satu atau beberapa bagian dari item/produk yang akan dibuat berdasarkan arrangement drawing.
Contoh gambar:

Detail Drawing

Detail drawing adalah gambar yang menunjukkan item tertentu dengan maksud untuk memperjelas ukuran,jarak lubang,tipe pengelasan dan lain-lain.Detail drawing ditandai dengan lingkaran dan huruf A,B,C dan seterusnya.
Contoh gambar:

Cutting Plan

Cutting plan adalah gambar yang menunjukkan bentuk potongan dari masing-masing item beserta jenis material,ukuran maupun tebal plat.
Contoh gambar:

Sampai di sini mungkin Anda sobat fitter sudah faham mengenai bagian-bagian gambar fabrikasi.Disamping kita harus mengetahui bagian-bagian gambar fabrikasi yang tak kalah penting adalah tahu sudut pandang gambar fabrikasi.

Sudut Pandang Gambar Fabrikasi

Gambar fabrikasi pada umumnya diperlihatkan dalam 3 sudut pandang yaitu:

1.Top View

  Gambar yang memperlihatkan bentuk item dilihat dari atas.

2.Front view

  Gambar yang memperlihatkan bentuk item dilihat dari depan.

3.View Side

  Gambar yang memperlihatkan bentuk item dilihat dari samping.

Berikut contoh teknik dasar cara membaca gambar fabrikasi dalam beberapa sudut pandang dalam bentuk sederhana,antara lain:


READ MORE : Teknik Dasar Membaca Gambar Bentuk Datar