Monday, 6 April 2015

CARA FABRIKASI FLANGE DUCTING DAN RUMUS BENTANGAN

Flange Ducting adalah bagian yang berfungsi untuk menggabungkan dua unit ducting menjadi satu kesatuan yang utuh dengan menggunakan baut dan mur sebagai alat perekatnya.
Contoh gambar flange dan 2 unit ducting yang akan disambung.

Flange Ducting

Melanjutkan pembahasan kita sebelumnya mengenai fabrikasi ducting steinless steel OD 1200 mm,maka langkah selanjutnya yang dilakukan fitter adalah fabrikasi flange ducting.
Fabrikasi flange ducting yang berbentuk lingkaran buat sebagian fitter fabrikasi sebenarnya sangat mudah tapi perlu saya jelaskan kembali mengingat banyak juga fitter fabrikasi yang belum paham dan masih bingung cara mencari jarak antar lubang baut(holes) dan juga panjang bentangan persegmen jika flange harus dibuat potongan.

Saya akan menjelaskan langkah-langkah fabrikasi flange ducting- seperti contoh gambar di atas - dengan spesifikasinya sebagai berikut:
- Outside diameter flange =  1350 mm
- Inside diameter flange = 1200 mm
- PCD (as baut) = 1280 mm
- jumlah baut = 32 pcs
- ukuran baut = 16 mm
- tebal plat = 12 mm

Langkah-langkah Fabrikasi Flange Ducting 

1.Marking Flange Per-segmen
2.Cutting 
3.Menjoint dan pengelasan
4.Membuat lubang baut 
5.Finishing

Sebelum melakukan langkah-langkah fabrikasi, persiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan,misalnya: meteran,mistar panjang,jangka,kapur besi,spidol,centerpen/drip,mesin las dan lain-lain.

Baca juga : Alat-alat Kerja Fitter Fabrikasi

1.Marking Flange Per-segmen

Tentukan terlebih dahulu berapa segmen potongan yang harus kita buat untuk 1 unit flange.Sesuaikan dengan lebar plat yang tersedia dengan tidak mengurangi efisiensi plat dan fungsi flange itu sendiri.Semakin banyak sambungan tentu kurang baik,idealnya untuk fange OD 1350 mm adalah 4 sampai 6 segmen saja.Untuk mengetahui berapa panjang bentangan flange tiap segmen,gunakan rumus ini:

Panjang bentangan = sin(180 : jumlah segmen yang diinginkan) x outside diameter.

Sebagai contoh kita akan membuat flange O.D.1350 mm menjadi 4 segmen,,maka perhitungannya adalah: 
Panjang bentangan = sin (180:4) x 1350 
Pb = sin 45 x 1350 
Pb  = 0,707 x 1350
Pb  = 954 .
Jadi panjang bentangannya adalah 954 mm.

Cara markingnya akan seperti ini:

Flange 4 segmen

(Untuk mengetahui lebih jelas cara membuat dan perhitungan bentangan flange dalam beberapa segmen silahkan baca postingan saya selanjutnya).

2.Cutting

Setelah marking selesai lakukan pemotongan dengan mesin potong plasma yaitu kombinasi mesin plasma dan oksigen.Pemotongan bisa dibantu dengan menggunakan jangka atau mesin potong robot yang dimodifikasi sehingga bisa berjalan melingkar.

3.Menjoint dan Pengelasan

Cara menjoint:
- Buat marking lingkaran sesuai inside diameter flange yaitu 1200 mm (akan lebih baik jika ditambah 2 mm menjadi 1202 mm) di atas plat matras.Hal ini dimaksudkan agar memudahkan kita saat memasang pada ducting dengan OD 1200mm,jadi ada spare 1 mm keliling.
- Letakkan satu persatu potongan plat tersebut membentuk lingkaran,dengan dibevel ujungnya terlebih dahulu.
- Atur permukaan pertemuan plat sedemikian rupa sehingga benar-banar rata,kemudian lakukan tagweld pada semua sambungan.
- Lakukan penguncian antara flange dengan plat matras pada tiap sambungan agar tidak melengkung saat dilas
- Jika sudah maka pengelasan siap dilakukan pada semua sambungan.
Setelah proses pengelasan selesai lanjutkan dengan penggrindaan pada bekas las-lasan hingga tampak rata dan rapi seperti tidak ada pengelasan.

4.Membuat Lubang Baut

- Letakkan flange yang sudah kita buat tadi di matras dan jepit sedemikian rupa hingga tidak mudah bergeser,atau bisa juga ditagweld.
- Dengan menggunakan jangka,marking permukaan flange dengan jari-jari 640mm.Seperti kita ketahui bahwa center as (PCD) flange adalah 1280mm
- Buat satu titik awal dengan drip/centerpen.
- Lanjutkan marking flange secara menyilang menjadi 4 bagian yang sama.Bisa menggunakan jangka atau dengan rumus pitagoras.
- Setelah 4 titik perempatan sudah ditentukan,lanjutkan marking titik-titik berikutnya dengan menggunakan rumus:

Jarak holes(A) = sin (180 : jumlah holes) x PCD

A = sin (180 : 32) x PCD
A = sin 5,625 x 1280 
A = 125,5
Jadi jarak antar lubang baut adalah 125,5 mm
Lihat gambar berikut:


Flange Ducting

- Selanjutnya lakukan pengeboran menggunakan magnetic drill atau dengan mesin bor yang sudah tersedia.Gunakan mata bor sesuai jenis materialnya.
Baca juga : Cara Marking Plat Untuk Pembuatan Ducting

5.Finishing

Lakukan penggerindaan pada semua permukaan flange yang kasar terutama pada lubang baut bekas pengeboran,sehingga permukaan dan semua bagian flange terlihat rapi dan mulus.

Demikian sedikit penjelasan mengenai fabrikasi flange ducting yang bisa saya uraikan dan semoga berguna.Nantikan posting saya berikutnya.