Thursday, 26 March 2015

Cara Menyambung Ducting

Teknik penyambungan ducting atau istilah populer menjoin ducting yang dilakukan seorang fitter dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus agar memperoleh hasil yang maksimal.Penyetelan yang apa adanya-karena kurang mengerti cara menjoin-hanya akan mengolor waktu dan juga hasil pekerjaan yang kurang memuaskan.Penyambungan ducting ini adalah merupakan proses lanjutan dari langkah-langkah fabrikasi ducting.
Pada dasarnya penyambungan ducting sebenarnya sama dengan menyambung pipa, tapi karena pembuatan ducting melalui proses pengerolan,sehingga permukaan lingkaran ducting tidak mungkin bisa membentuk jari-jari dengan sempurna.Jika kedua permukaan ducting dipertemukan pasti ada beberapa bagian yang hi-low (tinggi-rendah).Oleh karena itulah dibutuhkan pengetahuan tentang cara penyambungan atau 'cara menjoint' - istilah umum di dunia proyek.

Metode Penyambungan Ducting 

Sebelum melakukan penyambungan / menjoin ducting sebaiknya Anda perlu tahu dulu mengenai peralatan-peralatan kerja yang dibutuhkan,Anda bisa baca di Peralatan Kerja Fitter Fabrikasi

Metode penyambungan ducting bisa dilakukan dengan dua cara,yaitu:
1.Penyambungan Horisontal
2.Penyambungan Vertikal


Sambungan ducting horisontal


Penyambungan Horisontal / Mendatar

Penyambungan ducting dilakukan dengan cara meletakkan kedua bagian ducting secara mendatar di atas lantai atau matras.
Langkah-langkah:
1. Marking permukaan ke dua lingkaran ducting menjadi 4 bagian,pada posisi 0,90,180 dan 270 derajat.Jika diameter ducting terlalu besar ,misalnya 2000mm lebih maka marking (penandaan) bisa dilakukan 8 section atau lebih.
2. Pertemukan/join kedua permukaan ducting dengan cara zigzag (berlawanan) yaitu 0 pada ducting 1 dan 180 pada ducting yang ke dua.Lihat gambar di atas.
3. Atur sedemikian rupa sehingga posisi 0 dan 180 pada masing-masing ducting benar-benar menempel lurus.
4.Lakukan pengelasan (hanya tagweld) pada kedua bagian tersebut.Jangan lupa penempatan kedua bagian yang sudah dimarking tadi harus benar-benar lurus,tidak boleh meleset.
5.Lanjutkan join pada posisi 90 bertemu dengan 270,jika permukaannya hi-low maka gunakan jackbolt atau paju untuk meratakannya.Kemudian tagweld pada bagian tersebut.
6.Setelah keempat section sudah terkunci dengan benar,Anda bisa melanjutkan penyetelan ke semua sisi.Akan lebih baik jika penyetelan tetap dengan sistim zigzag,misalnya dimulai dari 0 sampai ke 90 kemudian pindah ke 180 sampai ke 270 derajat dan selanjutnya.


Penyambungan Vertical / Tegak

Penyambungan ducting dilakukan dengan cara meletakkan ducting dalam posisi berdiri kemudian ditumpuk dengan ducting berikutnya.
Langkah-langkah:
1.Marking kedua permukaan ducting menjadi 4 bagian,seperti langkah tersebut di atas.
2.Letakkan salah satu ducting dengan posisi vertikal (berdiri).
3.Siapkan beberapa plat rip atau stopper plate dan tagweld pada 4 bagian, lebih banyak lebih baik.
4.Angkat ducting - dengan hoist crane tentunya - dan tumpukkan pada posisi 0 dengan 180.
5.Selanjutnya ikuti langkah no 3 sampai no 6 seperti penjelasan pada metode penyambungan ducting mendatar di atas.
6.Selesai.


Kenapa Penyambungan Ducting Harus Dikunci 4 section?

.Hal ini dilakukan agar tidak terjadi hi-low menumpuk pada satu titik.Disamping itu jika penyambungan dilakukan searah melingkar,banyak hal akan terjadi,misalnya: overlapping plate,hi-low yang lebar pada akhir penyetelan dan lain-lain.

Permasalahan-permasalahan seperti ini sangat sering kita jumpai di lapangan dan dianggap sepele oleh sebagian pekerja.Padahal resikonya sangat fatal,mau tidak mau kita harus membongkar dan menjoin ulang jika ingin hasil yang bagus.
Dan satu hal lagi bahwa penyambungan ducting dan semua penyambungan plat sangat tidak dianjurkan melakukan penyesetan pada bagian yang overlapping.Kenapa? Karena ducting atau plat yang disambung tersebut sudah dalam ukuran yang pas.Jika terjadi overlapping berarti ada kesalahan cara menyambung.Dan jika dilakukan penyesetan berarti ukurannya akan berubah dan hasil akhir penyambungan juga mengalami perubahan alias bengkok dan bergelombang.
Jadi menurut hemat saya ini adalah cara penyambungan terbaik yang sering saya alami dan saya praktekkan.

Demikian penjelasan mengenai Cara Menyambung Ducting.semoga berguna.

READ MORE : Cara Fabrikasi Flange Ducting Dan Rumus Bentangan