Thursday, 26 March 2015

Cara Mengeroll Plat Steinless Untuk Ducting

Proses pengerolan plat steinless  dalam proses fabrikasi ducting yang dilakukan seorang fitter harus dikerjakan dengan hati-hati dan tahu prosedur pengerollan dengan benar,terutama pengerollan plat jenis steinless yang akan kita bahas ini.Plat jenis steinless mempunyai kelenturan dan elastisitas yang tinggi pada saat diroll-apalagi jika plat mempunyai ketebalan kurang dari 6 mm dan panjang lebih dari 3 mtr-sehingga perlakuan pengerollan tidak sama dengan plat carbon steel biasa (maaf gambar yang saya tampilkan bukan dari bahan steinless).



Bagaimana Cara Mengeroll Plat Steinless?

Pengerolan dilakukan dengan metode persection rolling yaitu dengan cara diroll  ujung plat depan terlebih dahulu lalu ke ujung plat bagian belakang kemudian dilanjutkan pengerollan secara menyeluruh sehingga membentuk lingkaran sesuai target.

Berikut saya akan menjelaskan secara simple cara mengeroll plat steinless untuk ducting dengan ukuran OD 1200mm x p6000mm x t6mm,untuk kelanjutan postingan saya terdahulu mengenai fabrikasi ducting steinless SS 316 L.

Berikut langkah-langkahnya:
- Sebelum mengeroll plate pastikan bahwa kedua sisi plate yang akan diroll sudah ditambah free bending.Panjangnya sesuaikan, dan  lebar kurang lebih 100mm sampai 150mm.Untuk menghemat material steinless ,gunakan plat besi biasa dengan ketebalan yang sama 6 mm untuk free banding.

Lihat gbr:


- Siapkan juga mal dari triplek,seng atau apapun dengan jari-jari ( r ) 594mm.Ukuran ini diambil dari inside (ID) ducting yaitu R = OD – 12 dibagi 2 = 594mm

Langkah-langkah Pengerollan Plate Steinless

- Hidupkan mesin roll.
- Check terlebih dahulu kondisi mesin,maju mundur poros roll tekan dan naik turunnya hidrolik.
- Masukkan salah-satu ujung plate dan pastikan benar-benar lurus sejajar dengan poros roll
- Tekan poros roll ke bawah
- Putar roll maju sekitar 75 mm dari ujung plat,kemudian mundurkan lagi
- Lakukan ini berulang-ulang sedikit demi sedikit sampai ujung plate membentuk lengkung dengan jari-jari inside 594mm - lakukan pengecekkan kelengkungan dengan mal.
- Jika sudah tercapai target (r) 594 mm, maka naikkan poros roll sampai netral,tidak dalam posisi menjepit
- Putar mesin roll maju sampai ke ujung plat berikutnya.
- Lakukan proses pengerollan seperti tadi sampai mencapai target r inside 594mm.
- Jika kedua ujung plat sudah terbentuk lengkung dengan jari-jari 594mm maka naikkan poros roll sekitar setengah penekanan dan langsung putar  mesin roll mulai ujung depan ke tengah hingga ke ujung belakang sampai plat membentuk lingkaran sempurna.
- Gunakan mal untuk mengetahui bagian-bagian yang belum terbentuk lengkung r 594mm dan fokuskan penekanan untuk bagian tersebut.
- Putar penuh sekali lagi sehingga plat benar-benar lengkung sempurna.
Lihat gambar:



Proses Penyambungan Setelah Diroll

Penyambungan bisa dilakukan di atas mesin roll,sebelum rolling plat dikeluarkan.
Caranya: 
Ukur keliling rolling plat sepanjang 3749,5 mm,marking dan lakukan pemotongan selisih plat tersebut dengan mesin plasma.Sambung rolling plat tersebut dengan peralatan yang ada dan pengelasan secara intermit pada beberapa point tempat sambungan .Lakukan pengerollan sekali lagi untuk mencapai hasil yang maksimal.


Penyambungan bisa juga dilakukan setelah rolling plat dikeluakan dari mesin roll.
Mana yang lebih baik,tergantung keahlian masing-masing.

Demikian sedikit penjelasan mengenai cara mengeroll plat ducting steinless,mungkin teman-teman punya cara lain yang lebih simple dan akurat mengenai metode pengerollan plat,silahkan coment di kolom komentar.
Semoga berguna.

READ MORE : Cara Menyambung Ducting